Vera Farah Bararah – detikHealth

img
(Foto: dailymail)

Jakarta, Tanpa disadari ternyata seorang wanita sangat memilih makanan apa yang akan dikonsumsi. Faktor yang paling berpengaruh adalah dengan siapa wanita tersebut akan makan. Jika makan dengan pria, maka wanita memilih porsi yang lebih kecil untuk mendapat perhatian.

Jika seorang wanita makan dengan laki-laki, maka makanan yang akan dipilihnya adalah makanan yang lebih rendah kalori dibandingkan jika dirinya makan dengan sesama wanita. Hal ini berdasarkan penelitian dari McMaster University, yang dipublikasikan dalam jurnal Appetite.

“Seseorang dalam memilih makan siang atau malamnya sangat dipengaruhi oleh teman makannya dan jenis kelamin dari kelompok makan tersebut,” ujar Meredith Young, PhD dari Department of Psychology, Neuroscience & Behaviour di McMaster University, seperti dikutip dari ScienceDaily, Jumat (28/8/2009).

Berdasarkan hasil penelitian terhadap mahasiswa di 3 universitas besar yang berbeda dengan berbagai pilihan makanan, Young menemukan bahwa wanita yang makan dengan laki-laki memilih makanan yang nilai kalorinya rendah dan berbeda secara signifikan dibandingkan dengan wanita yang makan bersama dengan wanita juga.

Hasil yang lainnya, ketika wanita makan dengan kelompok yang ada laki-laki dan wanitanya makanan yang dipilihnya adalah mkanan yang kalorinya sangat rendah, jika dibandingkan dengan wanita yang makan bersama kelompok laki-laki saja. Sedangkan jika wanita makan bersama dengan kelompok wanita semua, maka yang dipilihnya adalah makanan dengan tinggi kalori.

“Makan adalah salah satu aktivitas sosial yang membuat orang belajar untuk bersosialisasi. Disamping itu ada kecenderungan wanita tidak mau terlihat gemuk atau makan terlalu banyak dihadapan lawan jenisnya,” ujar Young.

Namun, Young tidak terkejut dengan hasil ini. Karena industri makanan dan iklan produk dengan target wanita lebih suka menggunakan model yang langsing atau bahkan lebih kurus dari rata-rata ukuran seorang wanita. Dengan kata lain, wanita yang langsing akan terlihat lebih sehat dan lebih feminim. Serta perempuan percaya bahwa jika dirinya makan dengan porsi sedikit akan mendapat perhatian dari kaum laki-laki.

Sedangkan untuk kaum laki-laki, sebuah penelitian menunjukkan bahwa laki-laki tidak terlalu memikirkan apa yang harus dimakannya jika sedang bersama wanita ataupun dengan sesama laki-laki.

Apapun yang dikonsumsi hal terpenting adalah tetap mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, karena badan yang kurus belum tentu selalu lebih sehat dan banyak hal yang bisa dilakukan untuk menarik perhatian laki-laki.