KOMPAS.com — Ingin tampil lebih muda? Tak perlu langsung berkonsultasi ke dokter bedah plastik. Tips berikut juga bisa membantu Anda untuk terlihat lebih muda beberapa tahun.

1. Duduk tegak
Orangtua “zaman dulu” biasanya akan menegur sikap duduk anak perempuannya yang membungkuk. Mungkin mereka menganggap posisi membungkuk tidak sopan, namun ada alasan yang lebih logis di balik larangan tersebut. “Orang yang memiliki postur tubuh baik selalu diidentikkan dengan orang yang muda, percaya diri, dan bahagia. Bandingkan dengan mereka yang duduknya membungkuk, pundak membulat (tidak bidang) atau miring sebelah,” papar Paul D’Arezzo, MD, ahli kebugaran dari Colorado Springs. Selain itu, duduk tegak juga akan membuat Anda merasa lebih nyaman. Postur tubuh yang baik akan mencegah otot dan persendian yang sakit. Untuk mulai membiasakan diri, cobalah untuk melakukan yoga atau pilates secara rutin. Latihannya akan bersifat menguatkan otot di bagian perut, pelvis, dan tulang punggung bagian bawah untuk menjaga postur tubuh tegak.

Untuk yang lebih murah, Anda juga bisa berlatih sendiri. Caranya: duduk dengan kedua telapak kaki datar menyentuh lantai. Rilekskan pundak dan dagu, kedua telapak tangan beristirahat di atas paha. Secara perlahan, tarik ke belakang punggung Anda, dan dekatkan kedua tulang belikat, lakukan dalam 5 hitungan, lalu lepaskan. Ulangi 3-4 set.

2. Lakukan seks setidaknya 3 kali seminggu
Pasangan di usia pertengahan 40-an yang sering melakukan hubungan seks terlihat 12 tahun lebih muda ketimbang pasangan yang jarang melakukan hubungan seks. Ini merupakan hasil penelitian selama 10 tahun yang dilakukan di Skotlandia. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang sering melakukan hubungan seks tak memiliki kerut sebanyak orang yang jarang melakukan hubungan seks. Kulit pun terasa lebih merata dan kenyal. Bisa jadi ini merupakan efek oxytocin, hormon yang terproduksi saat melakukan hubungan intim. Seks yang dilakukan di malam hari pun membantu seseorang tidur lebih nyenyak, dan merasa lebih segar di pagi harinya.

3. Alis mata tebal alami
Otak Anda mengasosiasikan alis mata yang tebal, hitam, dan terawat rapi. “Alis mata yang terlihat tipis dan jarang-jarang akan membuat wajah Anda terlihat tambah tua,” terang Damone Roberts, penata alis mata selebriti Hollywood. Jika Anda ingin membuat alis mata sedikit lebih tebal, disarankan untuk menggunakan eyeshadow warna coklat tua. Aplikasikan dengan kuas maskara yang sudah dicuci dan dikeringkan, lalu gunakan jari Anda untuk meratakannya. Upayakan untuk tidak membuat alis mata terlihat curam menukik ke atas, bisa-bisa Anda terlihat sedang marah. Ikuti saja alur alis mata alami Anda.

4. Highlight rambut
Mewarnai rambut untuk menutup uban yang mulai muncul-muncul memang akan membuat penampilan Anda terlihat lebih muda. Tetapi, jangan hanya berhenti dengan mewarnai rambut dengan warna hitam saja. Cobalah untuk melakukan highlight di sekitar wajah dengan 2 tone lebih muda dari warna asli rambut Anda. Selain membuat rambut Anda lebih bersinar dan sehat (tanda-tanda muda), hal ini juga akan memberikan warna cantik pada wajah Anda.

5. Kenakan bra yang tepat
Payudara akan kehilangan elastisitasnya seiring bertambahnya usia. “Ketika Anda merasa payudara terasa tak lagi sekencang dulu, coba cari bra yang memiliki penyangga di bagian dalam cup bra dan kawat penyangga yang baik. Atau lebih mudahnya, cari yang push up bra,” saran Susan Nethero, penulis Bra Talk: Myths and Facts. “Hal ini akan membantu membawa payudara Anda berada di garis letak yang seharusnya, yakni di pertengahan antara pundak dan sikut,” lanjut Nethero.

6. Manikur
Tanpa kita sadari, kerutan pada leher dan punggung telapak tangan adalah hal yang menunjukkan tanda-tanda penuaan. Biasanya, pada area-area tersebut kulit berkerut dan kendur, urat nadi menonjol, bintik-bintik hitam bermunculan. Untuk membuat orang tak terlalu memerhatikan tanda-tanda penuaan tersebut pada telapak tangan Anda, lakukan manikur. Pewarna kuku yang berwarna menarik atau cincin yang cantik akan mengalihkan pandangan orang dari tanda-tanda penuaan tadi.

7. Berhenti merokok
Merokok bisa membuat Anda terlihat dan merasa lebih tua dari umur sebenarnya. Merokok mengurangi usia wanita 14,5 tahun. Merokok pun bisa menambah tampang tua, seperti kerutan di sekitar mata dan bibir, juga warna keabuan pada kulit. Tak ada kata terlambat untuk berhenti merokok, bahkan jika Anda sudah lama merokok.

8. Cerahkan senyuman
Secara tak sadar, kita mengasosiasikan warna gigi yang tak cemerlang dengan usia matang. Enamel pada gigi umumnya akan berubah berwarna gelap seiring bertambahnya usia. “Sementara senyum cemerlang memberikan impresi kesehatan yang sehat dan muda,” terang Lauren Solomon, pengarang Image Matters! First Steps on the Journey to Your Best Self. Untuk mengurangi noda pada gigi, hindari makanan yang bisa merusak penampilan, seperti kopi, anggur merah, teh, dan rokok. Jangan lupa untuk menggosok gigi setidaknya 2 kali sehari.

9. Sinkronisasi
Tentu saja, yang terpenting adalah perawatan. Tak hanya lewat polesan dan trik-trik tadi, tapi juga dengan menyinkronisasi luar dalam. “Untuk selalu tampil awet muda, Anda harus memiliki hati yang bersyukur, pikiran positif, senyuman, dan penuh cinta. Sementara untuk fisik, jangan lupa makan makanan yang sehat, hindari lemak, dan menggunakan produk-produk perawatan kulit yang tepat dan cocok,” ujar Ira Wibowo dalam acara 7 Wanita 7 Inspirasi, sebagai Duta Olay Total Effects, Selasa (18/8).