Siapa bilang shopping hanya didominasi oleh kaum wanita, ternyata kaum pria pun juga doyan belanja. Eit..yang merasa pria, jangan marah dulu dhonk dibilang demikian. Karena menurut studi terbaru yang dilakukan Ilmuwan Stanfored University, California menyatakan bahwa tak hanya wanita yang suka belanja tapi pria juga memiliki kecanduan shopping.

            Dalam studi sebelumnya, sekitar 90% shopaholics didominasi wanita, namun laporan terbaru yang diterbitkan American Journal of Psychiatry pada Oktober, menemukan persentase yang mengejutkan, di mana sekitar 5,5 % pria jadi doyan belanja, terpaut tipis dengan persentase wanita, yaitu hanya sekitar 6 persen.

            Meski persentase antara pria dan wanita hanya selisih sedikit, namun masih ada perbedaan antara keduanya. Jika wanita lebih menyukai belanja baju, perhiasan, make-up, pernak-pernik rumah, maka pria lebih suka menguras kantong mereka untuk membeli barang-barang modern atau perangkat Hi-tech.

            Menurut Helga Dittmar (dosen senior Psikologi dari University of Sussex, Inggris) , bahwa mereka membeli berbagai barang sebagai sebuah symbol diri, yang membuat mereka tampil lebih percaya diri, atau unutk mendongkrak self image dan self esteem mereka meski harus menjadi konsumtif.

            Nah, bagaimana dengan Anda (kaum pria) apakah sesuai dengan pernyataan ini? Tanyakan pada dirimu sendiri dhonk!

 

 

 

(sumber:modis, November 2007)