Penyakit Alzheimer adalah sejenis penyakit pikun yang umum terjadi pada manusia yang mulai memasuki usia tua (manula).Secara alami, pikun bisa terjadi pada setiap orang karena kondisi fisik otak menurun. Namun, pikun dapat diperlambat datangnya dengan menggunakan kunyit dalam bentuk bumbu kare. Kunyit sebagai bahan bumbu kare yang banyak dipakai dalam berbagai resep makanan dirasakan dapat mempertahankan kualitas otak hingga usia lanjut.

            Salah satu bukti adalah manula yang berada di negara-negara Asia tetap memiliki ingatan baik di lanjut usia karena mereka rajin mengkonsumsi bumbu kare. Hasil penelitian Dr Tze-Pin Ng dari Universitas Nasional Singapura pada 1010 manula berusia 60 – 93 tahun di tahun 2003, menunjukkan bahwa manula yang rajin mengkonsumsi bumbu kare mempunyai daya ingat yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang jarang atau tidak sama sekali.

            Wah..wah..jadi pingin tahu ni kenapa bisa begitu. O  ternyata rahasianya ada pada zat pewarna kuning (kurkumin) yang terdapat di dalam rimpang kunyit yang digunakan dalam membuat bumbu kare. Kurkumin pada kunyit memiliki fungsi yang sangat penting di dalam mengobati berbagai penyakit karena senyawa tersebut dapat berfungsi sebagai anti tumor promoter, antioksidan,antimikroba, antiradang dan antivirus.Selain itu, kurkumin dalam kunyit ternyata juga berperan dalam meningkatkan system imunitas tubuh.

            Selain mencegah Alzheimer, kunyit juga bermanfaat sebagai antioksidan, mengobati kolesterol dan trigeserol, menyembuhkan radang lambung akut dan kronis, mengatasi rematik dan encok, mengobatai diabetes militus, mencegah kanker usus serta mencegah sekaligus mengobati katarak.

 

 

 

 

(sumber:modis)