Sakit gigi? Jangan deh, sakitnya bukan main sampai-sampai nggak bisa tidur saking sakitnya. Salah satu penyebab sakit gigi adalah karies gigi. Karies gigi adalah penyakit infeksi yang merusak struktur gigi sehingga menyebabkan gigi berlubang. Jika tidak ditangani, penyakit ini dapat menyebabkan nyeri, penanggalan gigi,infeksi, berbagai kasus berbahaya, bahkan kematian. Hubungan antara diet dan karies erat sekali dengan jumlah pemanis atau gula yang dikonsumsi oleh tubuh. Sebenarnya penciptaan gigi dan mulut juga bisa sebagai gerbang dan peringatan yang sangat luar biasa lo. Coba diingat, apabila makanan yang dikonsumsi tidak baik bagi tubuh atau merugikan, maka gejala akan timbul dan terlihat pada daerah sekitar rongga mulut seperti timbulnya amandel, sariawan, bibir pecah-pecah, karies, sakit tenggorokan, dan lain-lain.

            Maka, sebaiknya kenalilah makanan yang dikonsumsi. Sangat dianjurkan untuk kembali ke pola hidup sederhana dan kembali kea lam. Mulailah mengutamakana semua zat yang alami dan mengesampingkan semua bahan makanan yang artificial alias buatan. Sekadar perbandingan, pengolahan makanan dengan MSG mengindikasikan pembuat makanan kurang cakap mengolah bahan masakan dengan paduan bumbu-bumbu alami yang tersedia. Nah, jika seorang koki atau tukang masak bisa mengolah bahan makanan dan bumbunya, tidak perlu ditambah bahan penyedap.

            Konsumsi gula pada tubuh perlu dikurangi dan lebih banyak mengkonsumsi bahan atau makanan dengan pemanis alami seperti buah-buahan yang sangat baik bagi tubuh maupun bagi kesehatan gigi dan mulut. Perbanyak konsumsi buah-buahan seperti apel sebab secara tidak langusng membantu membersihkan gigi secara alami ibarat menggosok gigi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan menggunakan aple sebagai menu penutup atau ganti deh camilan dengan buah-buahan. Selain gigi dan mulut sehat, badan juga menjadi sehat. Ok deh!!!!

 

 

(sumber: modis)