Kemajuan di kota-kota besar ternyata juga membawa dampak buruk bagi para kaum wanita.Menjamurnya pusat-pusat perbelanjaan atau mal ternyata dapat menyebabkan masalah pada kesehatan organ tubuh wanita. Kenapa bisa terjadi? Ternyata hal tersebut disebabkan oleh penggunaan toilet. Sebenarnya tidak hanya di mal saja, akan tetapi juga di tempat-tempat umum yang terdapat toilet untuk umum.

            Pengaruhnya adalah karena toilet juga bisa menjadi tempat pentebaran penyakit, walaupun fasilitas toilet yang disediakan Nampak bersih. Bayangkan aja deh, berapa orang yang sudah memakainya dan mungkin di antara mereka ada yang memiliki penyakit organ kewanitaan (wah ini bukannya berburuk sangka lo, tapi perlu hati-hati juga kan!). Infeksi yang terjadi bisa adalah infeksi jamur candidiasis vagina atau infeksi kuman coccus. Mereka yang mengalami infeksi ini ditandai dengan keluarnya cairan putih seperti susu dan vagina terasa gatal serta yang terinfeksi keputihan yang keluar akan berbau amis.

            Hal yang harus diperhatikan adalah

  1. Biasakan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah buang air.
  2. Perhatikan penggunaan tisu sebab tisu toilet bisa menjadi tempat bersemayam. Jika ingin menggunakan tisu  yang disediakan dalam toilet maka buanglah terlebih dahulu tisu yang berada di bagian luar lalu gunakan tisu yang berada dalam atau gunakan tisu dari bagian tengahnya. Tapi akan lebih baik jika membawa tisu sendiri dari rumah.
  3. Selain tisu dan mencuci tangan, hal yang penting adalah dudukan toilet. Sebelum menggunakannya, sebaiknya disemprot dengan cairan antiseptic atau dilap terlebih dahulu.