Banyak yang harus dipersiapkan ketika menjelang pesta pernikahan. Salah satunya adalah penampilan. Setiap orang pingin tampak cantik dan terlihat anggun dengan busana yang dipakainya. Nah ini nih biasanya para wanita mulai memperhatikan proporsi tubuhnya. Proporsi tubuh yang kurang sempurna adalah salah satu masalah yang biasa dihadapi. Sehingga dia akan melakukan diet mati-matian dijalani agar tubuh terlihat agak ramping saat menggunakan gaun pengantin.

            Namun jika anda pintar tak perlu proses diet yang sangat menyiksa. Dr Benny Soegianto MPH, ahli gizi dari akademi Gizi Surabaya mengatakan bahwa, ada beberapa strategi yang dapat Anda lakukan agar dapat mendapatkan berat badan yang seimbang. 

KONSUMSI SERAT

            Untuk program reduksi atau menguarangi berat badan, pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi asupan enegi. Lemak timbul karena di dalam tubuh kelebihan energi yang akhirnya disimpan untuk cadangan energi sebagai lemak yang menempel pada kulit tubuh.

            Yang harus dilakuakn adalah harus mengurangi porsi makan. Jika biaasanya sarapan, makan siang dan makan malam porsinya sama, maka cobalah dikurangi. Jika masih merasa lapar, maka dapat disiasati dengan memperbanyak serat pada menu makanan. Serat atau fiber akan menyebabkan lambung terasa lebih lama. Hal ini dikarenakan serat tidak mudah keluar dari lambung. Dengan makan sedikit porsi serat, maka  tidak perlu lagi mengkonsumsi energi dengan porsi besar. Serat dapat diperoleh padaan dan buah-buahan.

 TINGKATKAN AKTIVITAS

            Usaha kedua adalah meningkatkan aktivitas atau memperbanyak olahraga. Dengan memperbanyak aktivitas saja sudah merupakan olahraga jika waktunya juga tepat. Misalnya dengan bersih-bersih rumah, ikut mengurusi persiapan pernikahan. Ini dinamakan exercise yaitu exercise functional .

            Olahraga yang harus dilakukan adalah dengan waktu lebih dari 30 menit. Waktu yang baik adalah 45 menit. Karena pada menit 25-30 ketika berolahraga, padamasa itu cadangan glukosa pada tubuh mulai menurun. Jika kita berhenti pada menit tersebut, maka yang ada adalah perasaan yang sangat lapar dan akhitnya malah balas dendam dengan makan banyak.

            Jika berolahraga lebih dari 30 menit, maka tubuh akan menyesuaikan. Tubuh akan mengaktifkan enzim yang akan membakar lemak cadangan yang ada pada bagian kulit lalu dibawa ke hati dan didistribusikan pada otot. Nah padasaat itu kadar gula akan naik kembali. Hal itulah yang dapat menekan rasalapar. Inilah yang dinamakan dengan strategi bongkar lemak. Jika dilakukan rutin dan berulang, maka lama kelamaan lemak dalam tubuh akan berkurang dan otomatis tubuh akan terlihat lebih langsing.

 SUPLEMEN

            Padapersiapan pernikahan, butuh pula beberapa suplemen untuk menunjang daya tahan tubuh untuk menghadapi acara yang melelahkan. Ada dua suplemen yang dibutuhkan :

  1. Hemoglobin

Stamina yang kurang baik bisa disebabkan oleh anemia atau kekurangan sel darah merah. Darah sebagai transportasi oksigen yang akan dibawa ke otak dan organ lain dalam tubuh. Karena itu, jika HB tidak kurang (minimal 13 gr per dl darah), dianjurka minum suplemen penambah darah.

2. vitamin B

      jika harus melakukan banyak hal, agar otot tak mudah lelah, maka diperlukan banyak vitamin B. Apalagi bagi yang mengurusi persiapan pernikahan sendiri. Vitamin B berfungsi sebagai pelumas otot.

            Agar stamina tetap terjaga pada acara pernikahan yang pasti memakan banyak waktu, maka sebaiknya melakukan :

v     Istirahat

  • Beberapa bulan atau minggu sebelum acara pernikahan, dianjurkanutnuk memperbanyak aaktivitas dan olahraga. Satu hari sebelum acara, harus banyak istirahat sebab esok harinya akan sangat  melelahkan. Dengan mengistirahatkan tubuh, akan dapat membuang sampah-sampah metabolisme tubuh.

 v     Banyak minum

  • Jangan sampai kekurangan cairan dalam tubuh. Karena kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi dapat menyebabkan berkurangnya kekuatan tubuh. Karena itu, sediakan minum dimanapun berada,begitu pula pada saat acara pernikahan berlangsung.

 v     Makan cukup

  • Walaupun dalam rangka menurunkan berat badan, bukan berarti harus membatasi asupan makanan. Apalagi pagi hari sebelum acara berlangsung. Sarapan merupakan hal penting yang harus dilakukan. Agar asupan karbohidrat dan glukosa tetap terjaga.

 

 

 

 

(sumber : modis)