MENJADI DIRI SENDIRI ternyata membuat seseorang akan mempunyai pondasi kepribadian yang kuat. Jadi diri sendiri juga ampuh untuk membentuk diri yang akan mempengaruhi kelangsungan karier seseorang.

            Setiap manusia mempunyai individual differences yang berarti setiap orang berbeda baik secara fisik maupun psikis atau kejiwaan sehingga akan memiliki cirikhas dan karakter yang berbeda pula. Hal inilah yang akan membuat setiap orang mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki orang lain, tetapi di satu sisi juga mempunyai kekurangan daripada orang lain.

            Dengan memiliki kesadaran seperti ini akan membantu seseorang untuk merasa aman dan nyaman dalam menerima kondisi yang sebenarnya dan tidak risau dengan keberadaan orang lain.Hal tersebut akan membantu dirinya menumbuhkan rasa percaya diri.

            Secar fisik, seseorang akan mengenali dirinya sendiri dengan baik namun seseorang juga dituntut untuk mengenali hal-hal yang nonfisik seperti sifat, watak, kebiasaan dan kepribadiannya. Dengan mengetahui kedua hal tersebut maka akan terbentuk kualitas diri seseorang.

            Setiap orang mempunyai kelemahan dan kekurangan, tapi janganlah menyesali dan membandingkan dengan kelebihan orang lain. Karena ia juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang lain sehingga jangan sampai menempuh jalan untuk mengubah dirinya tetapi alangkah baiknya untuk terus menggali kelebihan yang ada pada dirinya.

            Lakukan evaluasi terhadap apa yang diinginkan dengan cara mengidentifikasi terhadap berbagai halangan maupun memperlancar kesuksesan dirinya. Aspeknya bisa dilihat dari fisik maupun nonfisik.

            Sedangkan kekurangan yang ada, sebaiknya terus diusahakan diperbaiki. Mintalah bantuan orang lain untuk mengevaluasi diri. Dengan demikian akan didapatkan penilaian objektif tentang dirinya dan hal ini bisa menjadi masukan berharga bagi pengembangan diri.

            Selalu berpikir positif mengenai diri sendiri meski memiliki kekurangan tapi janganlah menilai buruk dan membenci diri sendiri. Apabila selalu memikirkan kelemahan, pastilah akan sulit menerima dan menghargai diri sendiri. Jadi mulailah untuk MENGHARGAI DIRI SENDIRI.

            Modal utama untuk menjadi diri sendiri adalah mempunyai rasa PERCAYA DIRI yang tinggi sehingga seseorang akan bisa menerima diri sendiri. Dengan demikian, di segala keadaan, seseorang akan tetap percaya diri karena ia mempunyai kebanggaan yang bersifat pribadi terhadap diri. Jadi teruslah menggali dan meningkatkan terus hal-hal yang bisa menumbuhkan rasa percaya dirinya.

            Sikap dan pemikiran yang realitas juga harus diperhatikan. Sadar bahwa ia tidak mungkin bisa menyamai orang lain, baik fisik, kepintaran ataupun kesuksesannya. Sesorang bisa meraih kesuksan tapi bukan kesuksesan yang telah diraih orang lain.

            Apapun adanya diri Anda, terimalah dan hargailah sebagai pribadi yang memiliki segala kekurangan dan kelebihan. Dengan demikian, Anda akan menjadi pribadi yang kuat dan bersahaja.

            Bagaimana dengan Anda? Siapkah Anda sukses karena diri sendiri? Selamat merenungi!