Pramenstrual syndrome atau PMS, biasa dialami wanita. Kondisi inilah yang mempengaruhi wanita sebelum siklus rutin haid setiap bulan. Gejala yang dirasakan bisa menyangkut mood atau suasana hati yang tidak nyaman, kelelahan, insomnia,nyeri perut, dan pegal pada otot dan tulang serta masih banyak lagi keluhan yang biasa dialami wanita menjelang haid.

            Meskipun sangat lumrah untuk melewati fase ini, dan tentu sangat bosan dan malas dengan begitu banyaknya rasa ketidaknyamanan, namun banyak wanita yang pasti akan senang ketika mengetahui bahwa semua siksa tersebut mampu diredam meskipun hanya sedikit.

            Ingatlah selau untuk mengkonsumsi vitamin dengan asam folic dan suplemen kalsium yang mengandung vitamin D, daan tentu tanpa melupakan untuk olahraga secara teratur dan rutin. Hal ini sangat membantu untuk memperlancar peredaran dalam tubuh, sehingga mengurangi rasa pegal pada otot dan tulang.

            Kemudian tetaplah melakukan diet yang sehat termasuk makan mengkonsumsi biji-bijian, buah, sayuran sebelum dan selama masa haid. Namun hindari terlalu banyak konsumsi garam, gula, kafein, alcohol, dan rokok, terutama ketika mengalami gejala nyeri saat haid melanda.

            Istirahat yang cukup sangat membantu, usahakan tidur delapan jam dalam semalam, dan pastikan tidur yang berkualitas dan nyaman. Kurangi tingkat stress, bisa dengan berbicara dengan teman, olahraga, atau membuat tulisan harian. Melampiaskan emosi melalui cara ini snagat sehat karena beban yang terasa menggantung di pundak seolah turut tersalurkan. Akibatnya, meskipun mood buruk yang menyelubungi emosi, kurangnya tekanan dalam pikiran akan menghabat ledakan amarah.

            Gejala nyeri pada saat haid bukanlah suatu kondisi yang harus ditakuti oleh perempuan namun bisa diatasi sedini mungkin sebelum jadwal haid tiba.

Jadi, aturlah jadwal siklus haid Anda dan pastikan kesiapan dalm menghadapinya.