Setiap orang pasti mempunyai musik favorit, entah itu anak-anak maupun orang dewasa. Tapi, tahukah Anda kalau mendengarkan musik dapat menyehatkan jantung? Musik, memang bisa mempengaruhi emosi seseorang, termasuk juga aliran darah dan detak jantung. Sebuah penelitian membuktikan bahwa musik bisa menyehatkan jantung.Penelitian ini dilakukan asosiasi jantung Amerika di New Orleans. Sebanyak 10 perempuan dan laki-laki sehat dan bukan perokok sebagai objek penelitian. Mereka diminta untuk membawa CD yang berisi musik favorit mereka.

            Pada permulaan, mereka diperdengarkan musik yang tidak mereka sukai. Dalam penelitian itu, musik rock keras yang dipilih. Saat mendengarkan musik tersebut, mereka semua mengalami tingkat kecemasan yang tinggi. Detak jantung mereka menjadi tidak teratur. Namun ketika mereka diperdengarkan musik favorit mereka, kecemasan itu hilang. Detak jantung mereka dan aliran darah mereka menjadi normal.

            Menurut Dr Michael Miller, sang peneliti, musik memang memiliki efek yang menakjubkan terutama bagi kesehatan jantung. Menurutnya, saat mendengarkan musik favorit, jantung dan aliran darah bekerja seperti saat seseorang merasa senang dan bahagia.

            Oleh karena itu, mendengarkan musik favorit akan memberikan reaksi yang baik bagi kesehatan jantung.