Seseorang yang baru saja naik jabatan dan menjadi atasan, tentu bangga dan sangat senang. Kadang-kadang kebahagiaan itu dirayakan bersama keluarga atau teman-teman dengan mengadakan perayaan. Namun, disamping itu ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam rangka menjadi atasan seperti persiapan mental dan job description baru sebagai atasan
Menurut Niken Pratitis SPsi Msi, ada delapan hal yang harus dipersiapkan antara lain :
1. Persiapan Skill
Sebagai seorang atasan harus mempunyai skill (kemampuan) yang lebih dari bawahannya. Maka perlu mempersiapkan dengan meningkatkan terus skill dan kemampuan manajemen juga perlu dilatih untuk melengkapi kemampuan lainnya.
2. Persiapan Tanggung Jawab
Sebagai atasan baru, tentunya tanggung jawabnya juga baru dan bertambah. Jika dulu tanggung jawab hanya pada pekerjaan sendiri, maka sebagai atasan, tanggung jawabnya adalah pekerjaan sendiri dan pekerjaan bawahan.
3. Persiapan Menjadi Teladan
Atasan atau pemimpin adalah figure otoritas, maka apa yang dilakukannya akan dilihat dan dicontoh. Tentu berbeda sekali ketika masih menjadi bawahan. Oleh karena itu perlu dipersiapkan diri untuk menjadi contoh dan teladan yang baik bagi karyawan atau bawahan Anda.
4. Persiapan Memberi Arahan
Seoranag atasan harus mempunyai bekal coaching and counseling. Bawahan mempunyai karakter yang berbeda-beda. Namun, ketika bawahan mempunyai masalah, maka seorang atasan harus mampu memberi arahan dan mencari tahu apa masalah bawahan itu. Setelah mengetahuinya, seorang atasan harus mempunyai kemampuan untuk menkonseling seperti memberi nasehat atau saran.
5. Persiapan Emosi
Atasan juga harus mempunyai control atau kendali emosi yang bagus. Seperti ketika perusahaan sedang ada masalah yang serius, seorang atasan harus bisa tetap tenang agar para bawahan juga yakin dan tidak panic. Nah, disaat-saat seperti itu, seorang atasan harus bisa mengendalikan emosi dan tetap memberi arahan pada bawahannya.
6. Persiapan Sebagai Motivator
Seorang atasan harus mempunyai kemampuan untuk memberi motivasi. Oleh karena itu harus peka terhadap bawahan-bawahannya. Seorang atasan harus tahu kapan ia harus memberi suntikan motivasi dan bagaimana caranya agar bawahannya dapat lebih termotivasi dan semangat bekerja, bisa dengan pujian, senyuman atau apapun untuk memberi semangat.
7. Persiapan Kemampuan Komunikasi
Kemampuan komunikasi sangat penting bagai seorang atasan. MAksudnya ia harus bisa berkomunikasi dengan semua bawahan. Tak perlu secara langsung sih, tapi yang penting apa yang ia mau dapat dimengerti semua bawahan sedangkan usulan bawahan juga bisa sampai kepada atasan.
8.Persiapan Sifat-sifat
Ada beberapa sifat yang harus dimiliki seorang atasan, antara lain : harus tegas! Sifat tegas ini tentunya ada porsinya, kapan saatnya tegas dan kapan saatnya bisa santai. Kemudian sifat untuk ma uterus mengaktualisasikan personality dan skillnya. Ini untuk mendukung kemajuan atasan dan perusahaan dimana ia bekerja.