47006374baa7043a79bn5

 

            Ternyata tubuh manusia mempunyai sinyal-sinyal tertentu dan kadang-kadang kita tidak tahu apa maknanya. Sinyal-sinyal yang seringkali kita alami adalah cegukan, kedutan di mata, atau terlalu banyak menguap. Mulai sekarang jangan abaikan tanda-tanda itu karena ternyata berkaitan dengan kesehatan kita. Eh ini jangan dikaitkan dengan mitos lo, tapi menurut Karen Wolfe, penulis buku “Create The Body Your Soul Desires”, bahwa tubuh yang mnegalami kedutan atau cegukan bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda sedang mengalami gangguan ringan.

1. Kedutan pada kelopak mata

            Gerakan tak sadar dari bagian tubuh yang satu ini menunjukkan bahwa tubuh kita kurang beristirahat. Menurut 99% ahli kesehatan bersepakat bahwa 99% kekejangan pada mata diakibatkan tubuh kita sedang dilanda stress dan lelah yang amat sangat. Tidak ada cara  untuk menghilangkan kedutan selain memberikan tubuh dan mata kita istirahat. Mengompres mata dengan air hangat juga dapat membantu.

2. Terlalu banyak menguap

            Kalo kita banyak menguap bukan berarti kita mengantuk lo, tetapi bisa jadi merupakan sinyal bahwa tubuh kita kurang bergerak. Misalnya kia terlalu serius bekerja sampai lupa menghabiskan waktu 5 jam duduk di depan komputer. Terlalu banyak banyak menguap berarti oksigen dalam otak kita menurun jumlahnya. Kondisi ni membuat kita tidak berkonsentrasi terhadap pekerjaan dan menurunkan tingkat kewaspadaan kita terhadap lingkungan sekitar.

3. Cegukan.

            Kalo kita mengalami cegukan namun tidak dalam keadaan makan, maka bisa berarti tubuh mengalami stress. Hal ini karena ceguakn melepaskan hormone stress ke dalam aliran darah, kemudian merangsang serat saraf secara berlebihan. Akibatnya terjadi kontraksi otot tak sadar yang terletak di dekat pita suara hingga menimbulkan bunyi. Cara termudah unutk meredam cegukan tersebut adalah dengan menelan sedikit gula pasir. Butiran gula pasir akan menstimulir ujung saraf di balik kerongkongan sehingga menghambat impuls syaraf lainnya sehingga cegukan pun reda.

            Jadi mulai sekarang jangan lupa untuk memperhatikan sinyal-sinyal tersebut ya, karena kadang-kadang karena sibuk dengan pekerjaannya, tidak merasakan hal tersebut. Semoga bermanfaat