jambubijiJambu biji yang mempunyai nama latin Psidium Guajava ini ternyata kaya akan vitamin C dan berbagai jenis mineral yang mampu menangkal berbagai penyakit . Selain itu juga menjaga kebugaran tubuh kita. Jambu biji juga mengandung potassium dan besi. Daun dan kulit batangnya pun memiliki zat antibakteri yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Selain sebagai akti-oksidan, vitamin C juga berfungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh darah kapiler, mencegah anemia, sariawan, gusi berdarah. Vitamin C juga meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan berbagai infeksi, sehingga kita tidak mudah terserang sakit seperti flu, batuk, atau demam. Selain itu vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan luka.
Ketersediaan vitamin C yang cukup dalam darah dapat mendorong selenium dalam menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, prostate, payudara, usus besar, empedu dan otak.
Sebagaian besar kandungan vitamin C dalam jambu biji terkonsentrasi pada kulit serta bagian luarnya yang lunak dan tebal. Jadi jambu biji lebih baik bila dikonsumsi beserta kulitnya.