Anda pasti pernah mengalami rasa sulit tidur di malam hari atau tiba-tiba saja terbangun dari tidur nyenyak tanpa sebab atau alasan  yang jelas.Waspadailah, bisa jadi ini adalah akibat anda salah dalam memilih makanan sebab makanan yang dikonsumsi sebelum tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang.

            Makanan pedas, bawang putih, atau bumbu lain dengan cita rasa yang kuat dapat mengakibatkan gangguan pencernaan. Termasuk juga dengan penyedap buatan atau MSG. Konsumsi bumbu serta MSG berlebihan sebelum tidur akan mengakibatkan timbulnya mimpi yang tidak mengenakkan dan membuat tidur tidak nyenyak.  Makan malam yang berlebihan juga menimbulkan masalah pencernaan. Akhirnya kondisi ini berakibat penurunan kualitas tidur anda. Sebaiknya lebih banyak makan di siang hari dan saat makan malam. Maksimal kalori yang dikonsumsi agar bisa tidur nyenyak adalah 500  kalori.

            Mengkonsumsi sayuran yang mengandung gas di malam hari juga dapat berpengaruh pada kualitas tidur. Hindari sayuran seperti brokoli, kol dan kacang-kacangan di malam hari. Mengapa? Sebab sayuran tersebut akan membuat asam lambung anda naik sehingga tidur menjadi tidak nyenyak. Biasakan makan dengan santai. Makan malam dengan cepat akan membuat perut anda bekerja dengan keras sehingga berpengaruh pada kualitas tidur. E jangan lupa nich kurangi kebiasaan minum kopi sebab kafein dalam kopi dapat menyebabkan tubuh anda terjaga selama 12 jam.