bawang-putih

 

            Setiap orang yang senang memasak sudah tidak asing dengan bumbu yang namanya bawang putih. Tahu nggak, bawang putih ternyata mempunyai khasiat yang sangat banyak lo. Selain dipercaya  dapat mencegah serangan jantung, bawang putih juga bisa menyembuhkan kanker. Berbagai studi menunjukkan bahwa kemampuan bawang putih dalam mencegah dan mengobati kanker, terutama yang disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang berbahaya seperti kanker prostate, perut, kolorektal (usus dan dubur), payudara, liver, kulit dan paru-paru.

            Bawang putih mengandung zat-zat aktif seperti vitamin A,B, C, kalsium, potassium, besi, karoten dan selenium. Yang paling dominan dalam memerangi kanker adalah komponen allyl sulfur seperti diallyl sulfide, diallyl disulfide, diallyl trisulfide, Sallyl cysteine, s-allylmercaptocysteine, allicin,dan ajoene. Zat-zat tersebut mempunyai kegunaan untuk mencegah pembentukan dan pengaktifan nitrosamine di dalam tubuh, dan juga memblokir aflatoxin, azoxymethane, benzo(a)pyrene, yang semuanya merupakan zat karsinogen (pemicu kanker).

            Pada tahap berikutnya komponen-komponen tersebut dapat mencegah mutasi gen, menghambat proliferasi (pertumbuhan/pembelahan) sel-sel kanker, memperbaiki struktur DNA yang rusak, bahkan merangsang sel kanker untuk bunuh diri (apoptosis).

            Disisi lain, bawang putih juga berperan sebagai antioksidan, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, dan membunuh kuman helicobacter pylori yang dapat memicu berbagai macam kanker perut. Nah kalo sudah tau manfaatnya, jangan takut makan bawang putih ya!!!