Jika anda, seorang ibu atau calon ibu, pingin jadi ibu cerdas, memang harus melek teknologi alias jangan sampai ketinggalan zaman. Sebab dengan teknologi, akan memungkinkan segala pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih efektif dan efisien. Lihat aja, dengan bantuan teknologi, seorang ibu dapat mengerjakan dua atau tiga tugasnya sekaligus dengan hasil yang sama memuaskan. Semakin bertambah kemajuan zaman, maka semakin canggih pula peralatan teknologi yang muncul di pasar. Berbagai macam teknologi yang ada pada akhirnya juga dapat membantu ibu meningkatkan kemampuan diri dan taraf hidup keluiarga.

            Teknologi yang ada antara lain meliputi:

1.HOME APPLIANCE

            Peralatan rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci, blender, mixer dan alat pembuat kopi sangat memungkinkan ibu melakukan beberapa tugas dalam satu waktu. Misalnya, selama mesin cuci bekerja, ibu bisa memasak, menyapu atau membuat jus dengan blender.

2. KOMPUTER DAN INTERNET

            Banyak supermom mengharuskan dirinya untuk melek terhadap komputer. Komputer memang bisa membantu ibu mengurusi hal-hal domestik termasuk juga bisa membuat pintar sang ibu.  Seperti fasilitas internet yang memudahkan kita berkomunikasi dengan dunia luar. Misalnya menjadi anggota mailing-list (milis), dimana seluruh anggota tersebar di berbagai penjuru, seorang ibu bisa berdiskusi mengenai topik tentang anak (misalnya) sehingga akan diperoleh hal-hal baru.

            Bahkan ada ribuan situs khusus wanita baik ibu rumah tangga maupun bekerja, seperti www.ivillage.com . Dalam situs-situs khusus wanita ini, ibu bisa mendapatkan begitu banyak informasi tentang berbagai hal seperti pengembangan diri, etiket, kesehatan, tips karier, dan masih banyak hal lainnya.

            Dengan internet, ibu bisa membantu si kecil mengerjakan tugas sekolahnya. Misalnya, bila anak-anak mengajukan satu pertanyaan dan ibu tidak sanggup menjawabnya, maka bersama anak, ibu mencari jawabannya lewat internet. Aktivitas inipun dapat membuat hubungan ibu dan anak menjadi lebih dekat dan menyenangkan.

3. DELIVERY SERVICE

            Persaingan bisnis yang ketat, membuat penyedia jasa siap melayani konsumen sampai di rumah sehingga timbul delivery service (siap antar) Ternyata hal ini sangat membantu ibu-ibu sebab apabila ibu ingin pesan makanan tinggal menelepon ke restoran favorit dan mereka siap tinggal mengantarkan makanan. Atau jasa laundry, mereka tinggal jemput dan mengatarkan baju dalam keadaan sudah bersih dan diseterika. Praktis kan!

            Sehingga seorang ibu dapat bercengkeraman bersama anak-anak dan suami di rumah sembari mengunggu pesanan tanpa harus capek-capek mengeluarkan kendaraan dan membayar uang parkir. Hampir semua pelaku bisnis menerapkan jasa siap antar termasuk apotek, toko beras, dan servis mobil.

4. SMALL OFFICE HOME OFFICE (SOHO)

            Ketika seorang ibu mempunyai anak-anak balita, bingung bila harus bekerja kembali karena harus meninggalkan anaknya namun di satu sisi ia tidak siap apabila harus menganggur di rumah. Maka bisa dilakukan bekerja di rumah sambil tetap mengawasi anak-anaknya. Semua kegiatan bisnis bisa dilakukan di rumah. Tentunya seorang ibu yang membuka SOHO harus ditunjang dengan sejumlah teknologi yang memudahkan berhubungan dengan orang luar untuk melakukan bisnis. Komputer  termasuk internet), mesin faks, telepon dan printer adalah perangkat standar yang mesti a da.

            Dengan sistem SOHO, kita bisa menjadi bos terhadap diri sendiri, bekerja tidak terikat waktu, bisa sembari mengawasi anak-anak di rumah, keahlian kita tetap digunakan, bebas dari waktu yang terbuang di jalan untuk ke kantor dan income keluarga pun bertambah. Kuncinya cuma manajemen waktu dan disiplin diri agar bisnis dan urusan domestik berjalan sejajar.

 

 

(sumber; tabloid nakita)