Anda kerap gelisah? Mood selalu berubah atau cemas yang berlebihan? Kalau nggak salah sih semua orang pasti mengalaminya kan. Tul Nggak? Namanya juga manusia! Tapi jangan khawatir ada solusinya lo….Mau tahu? Mudah kok, mengkonsumsi aja madu. Ini hasil studi baru yang menemukan bahwa madu dapat digunakan untuk memerangi dampak penuaan termasuk penurunan daya ingat dan kecemasan.

            Lynne Chepulis dan Nicola Starkey dari Universitas of Waikato di Hamilton, New Zealand melakukan studi pada tikus yang menemukan bahwa pemberian makan yang melibatkan madu membuahkan daya ingat yang lebih baik, termasuk dalam mengurangi kegelisahan. Mereka diberi makanan yang mengandung 10% madu, 8% sukrosa atau bahkan tanpa gula sama sekali selama 12 bulan.

            Tikus berusia dua bulan memulai percobaan dan dicek setiap 3 bulan menggunakan uji yang dirancang untuk mengukur ruang ingatan dan kegelisahan. Hasilnya menunjukkan bahwa tikus-tikus yang diberi madu dilaporkan kurang menunjukkan kecemasan sepanjang studi yang dilakukan.

            “Makanan yang ditambah madu mungkin akan bermanfaat untuk menurunkan kegelisahan dan memperbaiki daya ingat selama proses penuaan”, kata Starkey seperti dikutip newscientist.com.

            Para peneliti menegaskan bahwa madu dapat meningkatkan memory karena kandungan aktioksidan di dalamnya, yang membantu mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.