Anda punya hobi bersepeda? Kebanyakan orang melakukannya di pagi hari apalagi pada hari minggu. Ternyata mengendarai sepeda terbukti dapat menurunkan resiko kematian lo sebesar 40%. Ini hasil penelitan yang mengikuti kebiasaan 13.375 perempuan dan 17.285 laki-laki, bersepeda ke tempat kerja. Hasil ini diinformasikan http://www.nybc.net.
Menurut American Heart Association (AHA), bersepeda rutin setiap hari dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung, menjaga berat badan, menjaga tingkat kolesterol dalam darah, menghindari dan mengatur tekanan darah tinggi.
Selain itu bersepeda juag bermanfaat untuk mencegah keropos tulang, meningkatkan kebugaran dan tenaga, membantu menghindari stress, meredakan tekanan atau otot-otot yang tegang, membantu kualitas tidur, membantu meningkatkan kepercayaan diri dan sikap optimistis, demikian AHA menyebutkan.
Dalam situs http://www.leedscyclists.org, sebuah stusi lain membuktikan pekerja yang rutin bersepeda sejauh 20 mil dalam satu minggu akan lebih terhindar dari penyakit jantung ketimbang rekan-rekan kerja mereka yang tidak bersepeda. Tentu saja factor lain juga perlu menjadi pertimabangan lo seperti kebiasaan merokok, tingkat obesitas, tingkat kolesterol dan tekanan darah.