Pasti rasanya nggak enak sekali tuch waktu kita harus berhadapan dengan orang lain dengan kulit wajah yang kering, kasar dan kusam. Apalagi cenderung keriput walau usia masih muda. Jangan bersedih hati, ada beberapa trik kok yang bisa dilakukan agar wajah kita jadi bersih dan sehat.

            Kulit yang kering merupakan keadaan saat kulit kehilangan kelembabannya sehingga tampak pecah-pecah dan kusam. Penyebabnya bisa dari faktor genetik, di mana orang terlahir dengan kulit yang kelembabannya kurang. Dari faktor luar seperti polusi udara, ruangan ber-AC, duduk dekat perapian atau kipas pemanas, terlalu sering berenang, kontak dengan sabun deterjen atau  bahan pelarut sehingga gesekan yang menyebabkan iritasi atau kulit pecah.

            Inti dari kulit kering sebenarnya terjadi karena tubuh atau kulit kekurangan asupan cairan. Hal ini karena pola hidup yang tidak benar dan adanya keengganan untuk mengkonsumsi air saat melakukan atau setelah beraktivitas. Sedangkan air yang baik adalah air putih (bening) yang sudah dimasak. Namun hindari minuman bersoda walaupun berwarna bening karena kandungan dalam soda membuat kulit dehidrasi. Selain itu membuat pinggang membesar.

            Perawatan yang tepat untuk jenis kulit kering adalah membersihkan dengan pembersih yang lembut sekali sehari yaitu sebelum tidur malam. Pagi hari cukup membasuh wajah dengan air hangat lalu gunakan pelembab. Lakukan proses pengelupasan atau peluruhan sel kulit mati seminggu sekali. Maka bisa memilih scrub yang butirannya kecil, halus, dan lembut. Hindari scrub yang terdiri dari garam atau kacang-kacangan karena cenderung kasar sehingga mampu merobek permukaan kulit dan bisa menjadi penyebab hilangnya kelembaban kulit.

            Jangan bersihkan kulit denagn air panas atau menguapi wajah karena menyebabkan kulit wajah semakin kering. Bersihkan dengan susu pembersih dan tidak menggunakan penyegar yang mengandung alkohol.

            Jika menggunakan air untuk membersihkan wajah, saat mengeringkan dengan handuk tapi jangan dikeringkan seluruhnya hingga kulit masih terasa lembab. Jangan lupa, harus rajin mengonsumsi vitamin E dan suplemen yang mengandung fatty acid seperti ekstrak ikan cod maupun alpukat.

About these ads